Sabtu, 23 Mei 2009

Intel Tunda Peluncuran Itanium?

Masih ingat Itanium? Ya, prosesor ini masih hidup. Menurut kabar terakhir, chip generasi berikutnya, bernama kode Tukwilla, akan segera dirilis.

Disebutkan Intel, Tukwilla sedang disiapkan untuk dikirimkan kepada para OEM Intel pada kuartal pertama tahun 2010. Ini artinya kita bisa berharap akan melihat server-server dengan chip tersebut di pertengahan 2010. Sekadar mengingatkan, chip Tukwilla pertama kali didiskusikan Intel pada akhir 2003.

Intel mengatakan, penundaan tersebut dikarenakan perusahaan “mengidentifikasikan peluang untuk meningkatkan skalabilitas aplikasi lebih jauh” selama “pengujian tingkat sistem final.” Entah apa artinya, tetapi mungkin saja ini berarti Intel menemukan masalah kritikal yang terkait dengan prosesor tepat sebelum merilisnya.

Perubahan, begitu kata Intel, akan memberi Tukwilla “peluang lebih besar untuk mendapatkan bagian dibandingkan solusi RISC proprietary seperti Sparc dan IBM Power.” Intel pun mengklaim kalau Tukwilla akan 2x lebih cepat dibandingkan Itanium sebelumnya.

Hmmm, silakan artikan sendiri pesan Intel tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar